10 Startup Berbasis Analisis Data Yang Perlu Diwaspadai di India Tahun 2018

0
176

Data analitik mulai masuk dalam kehidupan dengan cara yang lebih nyata daripada yang bisa kita pikirkan. Saat ini sebagian besar perusahaan beralih menjadi perusahaan yang berbasis data, hasil yang diinginkan adalah data, sumber daya yang dilah adalah data. Hal ini menyebabkam permintaan akan alat dan sumber daya yang mampu memahami data semakin meningkat dari waktu ke waktu.

Disini kami membawa daftar lengkap 10 startups analisis data yang muncul di India, yang menawarkan solusi luar biasa kepada organisasi berbasis data. Ini menyajikan gambaran rinci tentang para pemula dalam hal tim pendiri, solusi yang mereka tawarkan, cerita pertumbuhan, kekuatan karyawan, pendanaan dan lainnya. Inilah daftarnya dalam urutan abjad.

  1. Analytic Edge, Didirikan Tahun 2012

Pendiri : Didirikan oleh Santosh Nair, Vijay Ramaswamy dan Rahul Budhraja. Dengan pengalaman gabungan selama 75 tahun dalam analisis dan konsultasi pemasaran, mereka telah bekerja dengan perusahaan di seluruh dunia dalam beberapa bidang vertikal.

Pendanaan: Mereka belum mencari dana tapi berencana melakukannya untuk pertumbuhan modal.

Perusahaan Dan Solusi Analitik Yang Dibawanya: menyediakan solusi analisis berbasis teknologi dalam efektivitas pemasaran & penjualan, mengintegrasikan teknologi, pengetahuan industri dan analisis pembelajaran mesin untuk memberikan wawasan pemasaran yang dapat ditindaklanjuti, terukur, hemat biaya dan real-time. Solusi analisis utama mereka adalah pemodelan bauran pemasaran, atribusi digital, strategi penetapan harga & promosi, peramalan penjualan dan analisis loyalitas pelanggan.

Kekuatan karyawan: 40

Faktor diferensiasi: Pembeda utama mereka terletak pada kenyataan bahwa mereka menawarkan solusi analisis “teknologi-enabled” yang bukan “black box”. Mereka telah mengembangkan platform berbasis cloud end-to-end yang dapat dimanfaatkan klien untuk semua fase dari proyek pemodelan campuran pemasaran. Platform yang digabungkan dengan konsumsi data otomatis ini memungkinkan klien untuk terus mengukur efektivitas aktivitas pemasaran mereka dan memberikan wawasan yang real-time dan dapat ditindaklanjuti. Ini juga memungkinkan mereka untuk mengukur analisis dengan hemat biaya.

  1. CropIn, Didirikan 2010

Tim: Didirikan oleh Krishna Kumar (CEO), Kunal Prasad (COO), Chittaranjan Jena (CTO). Para pendiri memiliki pengalaman bertahun-tahun di bidang teknologi dan manajemen dan telah memiliki karir yang hebat di dunia usaha.

Pendanaan: CropIn telah mengumpulkan dana sebesar 4 juta USD sampai saat ini. Mitra investasi institusional mereka adalah BEENEXT, Ankur Capital, BSP Fund LLC.

Perusahaan dan solusi analisisnya: Cropin adalah perusahaan agribisnis terkemuka yang berbasis di Bangalore yang menyediakan layanan berbasis SaaS untuk agribisnis secara global. Gagasan pendiriannya datang dari Krishna Kumar setelah mengamati krisis agraria di daerah pedesaan Karnataka pada tahun 2010. Karena para petani berurusan dengan tidak tersedianya modal, liku-liku iklim, serangan hama dan penyakit. Dia mengambil keputusan untuk melakukan sedikit untuk mencegah kesengsaraan petani. Kemudian datanglah Cropin yang memungkinkan kliennya untuk menganalisis dan menafsirkan data dan memperoleh wawasan aktual tentang banyak tanaman dan proyek yang mencakup geografi, dengan memanfaatkan teknologi terdepan seperti analisis data, kecerdasan buatan, geo-tagging dan pemantauan satelit.

Cropin menawarkan solusi seperti:

  • SmartFarm, solusi pengelolaan pertanian yang fleksibel yang memungkinkan penggandaan peternakan secara menyeluruh dan memberdayakan pengambilan keputusan berbasis data.
  • SmartRisk, solusi intelijen agribisnis yang memanfaatkan data alternatif agribisnis dan memberikan mitigasi dan perkiraan risiko untuk penilaian risiko kredit yang efektif, dengan menggunakan algoritma pembelajaran mesin berpemilik.
  • Mwarehouse, solusi komprehensif yang menyediakan Farm for for for traceability and compliance, quality control dan manajemen persediaan yang fleksibel.
  • SmartSales, solusi manajemen saluran & CRM yang komprehensif.
  • AcreSquare, aplikasi petani unik yang membantu perusahaan berinteraksi langsung dengan petani mereka, berbagi konten, mendidik mereka dan memberikan konsultasi.

Kekuatan karyawan: 90+

Faktor pembeda : Beberapa fitur utama solusi Cropin adalah algoritma berpemilik AI dan ML, pemantauan satelit, analisis cuaca untuk industri teknologi agribisnis. Ini memastikan keamanan data 100.

  1. GyanData, Didirikan 2011

Tim: Didirikan oleh Prof. Shankar Narasimhan, Prof. Rengaswamy dan Prof. Venkat Venkatasubramanian. Mereka adalah akademisi berpengalaman dari Indian Institute of Technology, Madras dan Columbia University, yang memiliki keahlian dan pengetahuan domain.

Pendanaan: Mereka telah di-bootstrap sampai sekarang dengan dana bibit dari para pendiri, dan sekarang menjangkau investor yang dapat mendorong bisnis dan membantu menerobosnya melalui fase pertumbuhan.

Solusi perusahaan dan analisisnya: Dengan sebuah misi untuk memberdayakan ekosistem bisnis klien dengan layanan bernilai tambah dengan menggunakan analisis data, mereka telah bekerja di kedua domain manufaktur kontinyu dan diskrit yang menawarkan berbagai macam aplikasi enterprise langsung dari konseptualisasi gagasan ke menawarkan produk yang dikembangkan sepenuhnya. Portofolio mereka mencakup proyek untuk bidang pertahanan, farmasi, kimia, keuangan, perawatan kesehatan, navigasi laut dan domain CRM dan dimulai dengan sebuah visi untuk menerjemahkan pengalaman para pendiri di Litbang dan konsultasi industri di bidang pembelajaran mesin, kecerdasan buatan, prinsip pemodelan, diagnosis kesalahan dan analisis proses untuk praktik manufaktur.

Penawaran utama mereka adalah analisis manufaktur, solusi rantai pasokan, analisis teks, analisis CRM, analisis keuangan, pemrosesan gambar, perawatan kesehatan analisis

Kekuatan karyawan: 30

Faktor pembeda: Mereka menggunakan algoritma agnostik domain yang dapat digunakan di beberapa domain. Faktor pembeda lainnya adalah kemampuan untuk bekerja dengan data manufaktur, penggunaan alat dan platform open source yang menawarkan keuntungan biaya bagi klien mereka.

Kisah pertumbuhan: Sebagai awal, mereka percaya bahwa mereka bergerak dari fase pengembangan solusi dan konsolidasi ke periode pertumbuhan puncak. Beberapa klien mereka termasuk BHEL, BPCL, DRDO, Honeywell, Tata Steel, Lab Dr.Reddy, Mitsubishi Electric, Hinduja Tech, Pfizer dll.

  1. IQLECT, Didirikan 2012

Didirikan oleh Sachin Sinha. Dia juga penulis BangDB – toko kunci NoSQL DB. Sachin telah bekerja sebagai CTO dari Jabong, Co-founder & CTO dari Limeroad dan dalam peran kepemimpinan teknik di Microsoft dan Amazon. Pendanaan: IQLECT telah mengumpulkan $ 3 juta dalam bundling pendanaan Benih yang dipimpin oleh Exfinity Ventures.

Perusahaan dan solusi analisisnya: IQLECT menyediakan platform untuk analisis data real-time yang besar. Selain itu, ada toko aplikasi dengan solusi siap pakai yang bisa dipasang di platform. Dengan fokus pada analisis real-time dan prediktif, penawaran dari IQLECT dapat dicairkan melalui SaaS atau Lokal. Setiap tim menggunakan alat yang berbeda untuk ekstraksi data & analisis. Pendekatan silil menganalisis data ini berarti bahwa korelasi wawasan antar departemen dan tim selalu menjadi tantangan utama.

Solusi analisis kunci yang ditawarkan oleh IQLECT dapat dikategorikan dalam tiga bagian. Solusi clickstream / E-commerce / Web-analytics Solusi penguraian dan analisis log Solusi manajer perangkat / sensor / aplikasi & analisis

Kekuatan karyawan: 15

Faktor pembeda: Mereka mengikuti pembeda dibandingkan dengan solusi pasar saat ini.

Kisah pertumbuhan: IQLECT menawarkan platform dan solusinya melalui dua saluran – SaaS & Enterprise. Pertumbuhan SaaS mencapai 20% MoM, dan beberapa kliennya di lini depan mencakup Accenture, CISCO, SAP dan beberapa pusat data penting.

  1. Lymbyc, Didirikan 2012

Didirikan oleh Satyakam Mohanty dan Ashish Rishi. Mohanty alias Chief Light Bulb adalah seorang peneliti pasar di hati. Dia adalah lulusan MICA yang memilih untuk melihat keseluruhan spektrum wawasan melalui lensa teknologi. Ashish Rishi memiliki keinginan untuk teknologi yang tak terpuaskan. Dengan perjalanan analitik melintasi GE dan HSBC, dia juga lulusan MICA yang terus berusaha membuat semua gagasan ini menjadi hidup.

Pendanaan: Lymbyc telah bootstrapped sejak awal, dengan investasi awal dari tim pendiri. Mereka ingin segera meningkatkan modal pertumbuhan untuk membawa Lymbyc ke seluruh dunia, dimulai dengan Amerika Utara.

Perusahaan dan solusi analisisnya: Sebelumnya dikenal sebagai Ma Foi Analytics, perusahaan ini didirikan untuk membangun produk analisis yang kuat dan menyatukan teknologi canggih ke yayasan ilmu data yang kuat. Berkantor pusat di Bangalore dengan klien di India, AS, Singapura dan Timur Tengah. Ini memberikan pemimpin bisnis sebuah sistem pakar data virtual 24 tahun yang tersedia yang dapat menerima permintaan dalam bahasa alami dan memberikan jawaban yang berwawasan pada saat pengambilan keputusan.

Kekuatan karyawan: 52

Faktor pembeda: Lymbyc adalah sistem pakar terpadu pertama di dunia, dan telah menemukan dan mengajukan paten untuk MIRA (Machine Intelligence for Research & Analytics), bahasa kueri mereka sendiri, yang memungkinkan untuk tidak hanya memberi tag dan mengidentifikasi data yang relevan secara kontekstual. Namun juga memicu serangkaian tindakan yang sesuai untuk mengubahnya menjadi wawasan dalam langkah yang sama.

Cerita pertumbuhan: Lymbyc telah berkembang dari pilar ke pilar dalam enam tahun terakhir. Mereka telah mampu mengalihkan keuntungan mereka terhadap pengembangan produk dan tetap mempertahankan profitabilitas. Mereka memiliki pendapatan 73% + CAGR sejak awal, dan klien utama mereka berasal dari Fortune 100 yang mencakup industri di seluruh teknologi konsumen, perawatan kesehatan, farmasi & e-commerce.

  1. Razorthink, Didirikan 2015

Gary Oliver (Chairman & CEO), Dr. Nandu Nandakumar (CTO), Murali Mahalingam (Chief Strategy Officer), Tom Drotleff (CFO), Harsha Nutalapati (GM India, SVP of Service & Support ), Barbara Reichert (VP Marketing), Rupesh Rao (Kepala Sukses Pelanggan). Mereka adalah pemimpin yang penuh gairah dengan pengalaman puluhan tahun dalam analisis perusahaan lanjutan.

Pendanaan: Razorthink didanai oleh investor malaikat individu. Mereka tidak mengungkapkan jumlah dana atau investor.

Perusahaan dan solusi analisisnya: Razorthink Inc. adalah perusahaan Sistem Enterprise AI yang memberi kekuatan pada organisasi dengan sistem pembelajaran cerdas yang mendalam. Razorthink BigBrain, platform pengembangan sistem AI yang cepat, memberdayakan tim AI untuk menciptakan sistem cerdas berbasis tujuan yang memecahkan masalah bisnis yang kompleks. Ini memungkinkan mereka untuk mempercepat penciptaan solusi AI melalui kombinasi unik dari otomasi ilmu pengetahuan BigBrain, model pembelajaran dinamis, otomatisasi penerapan dan pengoptimalan terintegrasi untuk komputasi berperforma tinggi.

Kekuatan karyawan: 100 (di seluruh Amerika Serikat dan India)

Faktor pembeda: Di Razorthink, mereka menawarkan lebih dari sekedar platform teknologi, karena mereka memiliki keahlian untuk membantu organisasi memecahkan masalah bisnis dengan menerapkan AI ke area dan proses tertentu di dalam organisasi untuk dampak hasil. Tidak seperti alat pemodelan data AI sederhana, Razorthink BigBrain mendukung keseluruhan siklus hidup solusi AI, termasuk persiapan data, pembangunan model, penerapan model dan pengoptimalan terus-menerus. BigBrain juga mempercepat pemodelan data melalui pembangun model drag and drop visual yang unik.

Cerita pertumbuhan: Ketika tim mengumumkan platform Razorthink BigBrain pada tanggal 16 Oktober 2017, itu adalah Deep Learning Data Science Automion Platform pertama. Pelanggan mereka termasuk bank besar, perusahaan asuransi dan perusahaan jasa keuangan lainnya serta telekomunikasi di A.S. dan India.

  1. TheMathCompany, Didirikan 2016

Didirikan oleh Sayandeb Banerjee, Aditya Kumbakonam dan Anuj Krishna. Dengan pengalaman analitis selama puluhan tahun untuk menerapkan solusi berbasis data yang rumit, mereka telah membangun dan membuat tim skala untuk organisasi Fortune 500 di 10+ industri. Selama perjalanan ini, mereka telah merancang strategi sains data yang kuat, memainkan peran utama dalam membangun praktik perekrutan dan pelatihan yang berhasil untuk lebih dari 3.000 ilmuwan data.

Pendanaan: Mereka saat ini merupakan organisasi yang telah terinstal sepenuhnya.

Perusahaan dan solusi analisisnya: TheMathCompany bergerak dalam bisnis transformasi organisasi dan memastikan perjalanan pertumbuhan yang layak yang menghasilkan dampak terukur yang sesungguhnya. Mereka berdedikasi untuk memungkinkan cara organisasi mendefinisikan dan menjalankan strategi analisis mereka. Akuntansi untuk tingkat kematangan yang berbeda, mereka berfokus pada kemampuan membangun dan memberikan dukungan pelaksanaan untuk klien dengan memiliki model keterlibatan adaptif. Sayandeb Banerjee Dengan meningkatnya permintaan akan pengambilan keputusan berbasis data, organisasi mulai menyadari nilainya dalam membangun kemampuan analisis mereka sendiri. Pendiri menyadari bahwa ada celah di pasar yang memungkinkan perusahaan memulai perjalanan ini.

TheMathCompany didirikan untuk membantu menjembatani kesenjangan yang tidak terpenuhi ini. Mereka terlibat dalam kemitraan yang mendalam dengan pelanggan untuk merancang strategi analisis jangka panjang serta menerapkan mandat ini.

Kekuatan karyawan: 50+

Faktor pembeda: Saat ini ada beberapa penyedia layanan, konsultan dan pembuat platform berbasis di pasar. Namun, TheMathCompany bukan sekadar penyedia layanan analisis lainnya, karena mereka bangga menjadi satu-satunya organisasi yang menyediakan semua layanan ini dari ujung ke ujung, menangani kebutuhan analitis perusahaan secara holistik.

Kisah pertumbuhan: Dalam perjalanan singkat mereka, mereka telah melihat pertumbuhan yang mantap baik dari segi pendapatan dan pelanggan. Kami beruntung bisa bekerja dengan 15+ klien Fortune 500 di 4 benua. Ini termasuk salah satu dari 3 peritel teratas di dunia, perusahaan minuman beralkohol terbesar di dunia dan salah satu penyedia asuransi terbesar di AS dan Australia.

  1. Tredence, didirikan 2012

Didirikan oleh Shub Bhowmick (CEO), Sumit Mehra (CTO), dan Shashank Kumar Dubey (Kepala Analytics).

Pendanaan: Tredence telah di-bootstrapped oleh para pendiri dan menghasilkan cukup banyak uang yang diinvestasikan kembali dalam bisnis. Mereka belum menerima investasi eksternal.

Perusahaan dan solusi analisisnya: Berkantor pusat di San Jose (CA), mereka memiliki pusat pengiriman di Bangalore. Ini adalah layanan analisis dan solusi yang memberikan keunggulan kompetitif melalui wawasan data ke perusahaan Fortune 500 terkemuka. Kemampuan mereka berkisar pada pengelolaan data, visualisasi data, analisis lanjutan, penyiapan data yang besar, dan pembelajaran mesin. Perusahaan ini memiliki kehadiran global di 9 lokasi termasuk AS, Kanada, Australia dan India, melayani klien di seluruh industri.

Kekuatan karyawan: 235+

Faktor pembeda: Mereka telah dikenali oleh beberapa klien mereka sebagai mitra analisis yang paling penting, karena mereka memanfaatkan ekosistem konsultasi, teknologi, analisis, dan visualisasi yang diminyaki dengan baik untuk membangun solusi khusus bagi klien.

Cerita pertumbuhan: Dengan masalah mereka sendiri, begitu mereka mencapai kecepatan percepatan, belum ada yang melihat ke belakang. Mereka tumbuh pada pendapatan sebesar 100% YOY, dan memiliki lebih dari 25 klien yang tersebar di seluruh industri.

  1. 3LOQ, Didirikan 2012

Didirikan oleh Anirudh Shah dan Sunil Motaparti. Sementara keduanya memiliki sebuah dsively dengan mesin belajar dan NLP selama lebih dari satu dekade dan Motaparti adalah analitis dengan minat dalam pemasaran dan periklanan dan membangun teknologi untuk membuat pesan lebih relevan dan menarik.

Pendanaan: 3LOQ didanai oleh Bitkemy Ventures, sebuah dana bibit inkubator berbasis Hyderabad berbasis Hyderabad yang disiapkan oleh Sunil Motaparti pada tahun 2012. Ia berencana untuk mengumpulkan dana baru pada tahun 2018.

Perusahaan dan solusi analisisnya: The perusahaan sedang membangun algoritma pembelajaran mesin untuk meningkatkan keterlibatan pelanggan dan mengurangi gesekan. 3LOQ memanfaatkan psikologi konsumen dan data besar untuk menciptakan antarmuka personal yang unik yang memungkinkan pembentukan kebiasaan di antara konsumen sasaran. Saat ini difokuskan pada penerapan solusi AI Kebiasaan untuk menyelesaikan tantangan di sektor keuangan. 3LOQ memulai dengan memungkinkan perusahaan untuk menghancurkan miliaran transaksi pelanggan untuk mengekstrak intelijen bisnis yang terkait dengan pendapatan.

Kekuatan karyawan: 15

Faktor pembeda: AI Kebiasaannya adalah platform yang memungkinkan bank mempelajari pelanggan mereka, menyarankan rekomendasi fitur yang dipersonalisasi dan mengarahkan mereka untuk membangun kebiasaan menggunakan produk lebih sering. Platform universal yang kokoh menangani penggunaan data terstruktur dan tidak terstruktur dari sumber manapun, di beberapa TB per hari. Ini berjalan pada perangkat keras komoditas dan bertahan sampai stempel kelas enterprise dengan toleransi patahan, ketersediaan tinggi, dan skalabilitas horizontal.

Kisah pertumbuhan: Setelah bekerja untuk klien di seluruh sektor yang luas seperti telekomunikasi, ritel dan e-commerce selama 3 tahun, 3LOQ melihat peluang di sektor perbankan dan keuangan. Saat ini mereka fokus pada sektor ini dan HDFC adalah salah satu klien utama mereka di India. Mereka juga memulai proyek dengan bank-bank India lainnya dan tujuan mereka adalah untuk mengangkut setidaknya 5 bank besar di India pada tahun 2018.

  1. Turing Analytics, Didirikan 2015

Didirikan oleh Aditya Patadia dan Divyesh Patel. Dengan pengalaman MBA dan industri yang relevan, mereka sangat menyukai pengembangan solusi pembelajaran berbasis komputer yang berkembang secara indigen.

Pendanaan: Turing Analytics telah mengumpulkan dana dari Investor Swasta pada bulan Juli 2016. Perusahaan dan solusi analisisnya: Terinspirasi oleh Alan Turing, ayah AI, Turing Analytics didorong oleh sebuah visi untuk mengembangkan solusi yang didukung oleh pembelajaran mesin untuk membantu bisnis membuat keputusan berbasis data. Mereka memberikan solusi penelusuran & rekomendasi visual untuk pengecer online dan offline, membantu mereka meningkatkan penemuan produk, keterlibatan pelanggan, dan meningkatkan rasio konversi.

Kekuatan karyawan: 7 dan mempekerjakan untuk ekspansi ke pasar luar negeri.

Faktor pembeda: Mereka dapat memanfaatkan semua jenis data (teks, gambar, video, dll.) Untuk melatih jaringan syaraf tiruan dan karenanya, tidak ada batasan industri atau sektor pada produk mereka. Mereka dapat bekerja untuk fashion atau home furnishing dengan efisiensi yang sama seperti untuk citra medis dan pencarian paten.

Kisah pertumbuhan: Dua bulan setelah awal, mereka mendapatkan klien Shopclues.com pertama & terlama mereka untuk “Analisis Tinjauan Pelanggan”. Sejak itu, mereka telah berkelana ke pencarian pencarian dan solusi rekomendasi produk, mengumpulkan klien tidak hanya dari India tapi juga di luar negeri. Beberapa di antaranya adalah TATA Group, Kimberley Clark, Grup K & D Lab masa depan.