Belum Sepekan Rilis, Koleksi Busana Film Black Panther Memenuhi Pasar Fashion Dunia

0
333

Film superhero perdana sering menjadi surga bagi penggemar cosplayer, yaitu penggemar yang berpakaian sebagai pahlawan favorit mereka dari film tersebut, dan “Black Panther” Marvel tidak terkecuali. Namun di film kali ini, mereka memiliki alasan yang lebih pribadi dibandingkan sekedar sebagai fans superhero.

Sejak Kamis, para penonton bioskop yang bersemangat di seantero negeri telah muncul mengenakan pakaian tradisional Afrika dalam sebuah penghargaan kepada Wakanda, negara fiksi di Afrika timur tempat film ini ditetapkan. Wakanda yang berteknologi maju tidak pernah dijajah oleh negara-negara barat dan dengan demikian dikembangkan secara independen dari negara-negara lain di dunia, menawarkan tarian baru di benua Afrika dan masyarakatnya daripada yang telah dipotret di film di masa lalu.

Antusiasme untuk “Black Panther” juga telah dipicu oleh pemeran utama film ini dan sutradara African-American, Ryan Coogler. Film ini telah menarik pujian atas visinya tentang Afrofuturisme dan karakter wanita yang kuat dan cerdas, menurut Associated Press. Ini membahas tema rasisme dan seksisme.

Dilansir ABC News, Marvel Studio menggandeng 3 perancang sekaligus yang berpartisipasi dalam pembuatan kostum-kostum dalam film untuk ikut andil dalam gelaran New York Fashion Week dengan koleksi Black Panther. Salah satu perancang yang terlibat adalah Douriean Fletcher, perancang perhiasan yang menciptakan koleksi pada peragaan tersebut. Dia juga menciptakan aksesoris yang dipakai dalam film tersebut dan pelat emas 18 karat serta potongan leher amethyst, kostum yang dikenakan oleh karakter Angela Bassett, Ratu Ramonda. Mereka yang terlibat dalam peragaan ini pun berharap tema Afrosentrik dalam film Black Panther akan mendorong dialog produktif tentang ras dan suku.

Perkembangan terbaru dunia fashion ini juga telah menyentuh pasar Indonesia. Kalian yang sudah menonton film terbaru Marvel ini tentu menyadari, busana yang dikenakan T’Challa ini mirip dengan baju muslim pria Indonesia bukan?

Film yang belum genap sepekan beredar di layar lebar Indonesia ini bahkan telah menjadi peluang bisnis bagi orang Indonesia. Terbukti dengan adanya beberapa penjual online shop yang mengadakan pre-order baju koko BLACK PANTHER di beberapa market place.

Menyandang predikat top-grossing movie atau film terlaris – urutan atas, “Black Panther” meraih rating 97 persen dari Rotten Tomatoes. Selain pujian kritisnya, film ini diproyeksikan akan sukses dalam box office. Ini menghasilkan sekitar $ 25,2 juta dari pemutaran pratinjau Kamis dan dapat memperoleh rekor $ 198 juta di Amerika Serikat pada akhir pekan Hari Presiden.