3 Cara Belajar Jadi Barista

0
147

Minum kopi di pagi hari pada saat santai maupun sebagai teman untuk melakukan aktivitas di malam hari sering dilakukan. Tidak hanya karena rasa kopi yang unik, tetapi juga karena kecintaan terhadap kopo oleh sebagian besar orang. Tapi tahukah Anda bahwa setiap kopi memiliki rasa yang berbeda, nikmatnya kopi tergantung bagaimana cara meraciknya. Cara meracik yang tepat akan menghasilkan kepekatan dan keasaman kopi yang pas di lidah serta aroma kopi yang mantap, demikian juga sebaliknya. Untuk menghasilkan kualitas kopi yang baik, ada 3 hal yang sangat berpengaruh yaitu biji kopi, mesin pembuat kopi, serta barista atau orang si pembuat kopi.

Banyak orang yang rela mengeluarkan biaya besar demi untuk bisa menjadi barista atau peracik kopi yang hebat, terutama sekali mereka yang memiliki kecenderungan tinggi terhadap kopi. Saat ini juga ada banyak sekali tempat kursus atau belajar barista yang bermunculan. Biasanya kelas ini dibedakan menjadi dua yaitu basic dan latte art. Pada kelas basic, diperkenalkan teori dasar tentang kopi, mulai dari berbagai jenis kopi, alat pendukung dalam pembuatan kopi yaitu mesin pembuat kopi, cara pengoperasian mesin, hingga ke metode penyeduhan kopi. Kelas ini adalah untuk pemula atau mereka yang baru mulai belajar meracik kopi. Kemudian setelah menguasai materi kelas basic ini bisa dilanjutkan ke kelas berikutnya yaitu latte art. Latte art atau seni menggambar dalam minuman kopi, dalam kelasnya termasuk mempelajari cara penguapan sehingga menghasilkan buih kopi dengan ketebalan yang pas, serta proses penuangan ke dalam wadah hingga menghasilkan lukisan cantik diatas buih kopi. Seorang barista harus mampu menguasai segala teknik tentang kopi tersebut untuk menyajikan kopi yang indah dan nikmat.

Nah, jika Anda juga tertarik dan berencana untuk belajar meracik kopi secara professional, maka Circledoo adalah rekomendasi yang paling tepat. Circledoo adalah social network & skills-sharing online platform pertama di Indonesia dan Asia. Sebagai sebuah platform, Circledoo memungkinkan setiap orang untuk membagi dan mendapatkan keahlian, ketrampilan dan ide dimana saja dan kapan saja, tidak terkecuali juga untuk belajar barista. Circledoo memiliki Visi untuk menjadi sebuah skills marketplace terbesar di Asia, tempat berkumpulnya talenta-talenta berbakat dari berbagai bidang untuk saling membagi keahlian, ketrampilan dan ide-ide hebat secara mudah, cepat dan transparan.

Ingin jadi barista beken dengan racikan kopi paling keren? Mulai langkah pertamamu disini.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here